0
Home  ›  Modul Ajar  ›  MTS  ›  SMP

Modul Ajar SMP Kurikulum Merdeka 2022-2023

 



MODUL AJAR SMP/MTS KURIKULUM MERDEKA

Contoh Modul Ajar PAI SMP:

A. Informasi Umum

1. Identitas Sekolah:   a. Nama : SMPN ..........

                                    b. Tahun : 2022/2023

                                    c. Kelas : VII (Tujuh))

                                    d. Alokasi waktu : Durasi 2 Pekan/6 Jam Pelajaran/

                                        2 pertemuan (240 menit)

2. Target Peserta didik :

Perangkat ajar ini digunakan untuk siswa regular (28 sd 32 orang). Namun, ada beberapa peserta didik yang belum mengenal pengertian al-Qur’an dan hadis. Penanganan untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, diterapkan teknik bimbingan individu atau menggunakan tutor sebaya untuk membimbing peserta didik sehingga dapat mencapai capaian pembelajaran.

3. Moda Pembelajaran : Pembelajaran tatap muka

B. Komponen Inti 

1. Fase Capaian Pembelajaran: D

2. Domain Capaian Pembelajaran : Al-Qur’an dan Hadis

Peserta didik memahami definisi Al-Quran dan hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam serta dapat membuat karya berupa peta konsep definisi Hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an sehingga dapat termotivasi untuk mendalami Al-Qur’an dan Hadis.

3. Tujuan Pembelajaran : 

a. Melalui pembelajaran penemuan, peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisa>/4:

59 dan Q.S. an-Nah{l/16: 64 tentang kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehinggadapat menampilkan perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis.

b. Melalui pembelajaran berbasis produk, peserta didik membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite

4. Kompetensi Awal : 

a. Peserta didik mampu membaca al-Qur’an

b. Peserta didik memahami pengertian al-Qur’an

c. Peserta didik mengetahui istilah hadis

d. Peserta didik mengenal fungsi al-Qur’an dan hadis

5. Profil Pelajar Pancasila : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, dan bernalar Kritis

          6. Pemahaman Bermakna

a. Al-Qur’an dan hadis merupakan pedoman kehidupan

b. Mengamalkan isi al-Qur’an dan hadis menjadi penyelamat dalam kehidupan di dunia dan di akhirat

c. Pengamalan al-Qur’an dan hadis memerlukan pemahaman dan penggalian mendalam terhadap kandungannya

Pertanyaan Pemantik:

a. Apa definisi al-Qur’an?

b. Apa perbedaan antara sunnah, hadis, khabar, dan atsar?

c. Apa fungsi hadis terhadap al-Qur’an?

d. Mengapa hadis penting dipelajari?

e. Bagaimana kandungan Q.S al-Nisa/4: 59 dan Q.S. al-Nahl/16: 64

diterapkan dalam kehidupan?

f. Karakter apa yang harus dimiliki untuk mendalami al-Qur’an dan hadis?


      Silahkan download Modul Ajar SMP/MTs di link berikut ini:

Modul Ajar Bhs. Indonesia

Modul Ajar Bhs. Inggris

Modul Ajar Informatika

Modul Ajar IPA

Modul Ajar IPS

Modul Ajar Matematika

Modul Ajar Agama Hindu

Modul Ajar PAI

Modul Ajar Katolik

Modul Ajar Khonghucu

Modul Ajar Kristen

Modul Ajar Kepercayaan

Modul Ajar Pendidikan Khusus

Modul Ajar PJOK

Modul Ajrar PPKN 1

Modul Ajar PPKN tahap 2

Modul Ajar Seni Musik

Modul Ajar Seni Rupa

Modul Ajar Seni Tari

Modul Ajar Seni Theare

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS