Modul Ajar SMK Kurikulum Merdeka 2022-2023
MODUL AJAR SMK KURIKULUM MERDEKA
Contoh Modul Ajar Informatika
-
Pertemuan 1 – Memberikan contoh kalimat negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi dan inferensi.
-
Tujuan Spesifik Pembelajaran
-
Menjelaskan pengertian proposisi
-
Mengidentifikasi kalimat-kalimat proposisi
-
Menjelaskan pengertian proposisi majemuk
-
Menjelaskan pengertian negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi
-
Memberi contoh kalimat negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi (KK)
-
Pertanyaan Pemantik
-
Pernahkah anda salah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah informasi ?
-
apa bahaya nya jika kita sebagai pemimpin, salah dalam mengambil kesimpulan dari sebuah informasi tersebut ?
-
Konsep terkait aktivitas
PERTEMUAN 1 |
|
Pendahuluan |
|
|
10 Menit |
Inti |
|
|
160 Menit |
Penutup |
|
|
15 menit |
-
Kata kunci
Proposisi, proposisi majemuk, negasi, konjungsi, disjungsi, implikasi, inferensi, penalaran
-
Lembar refleksi peserta didik
Aspek |
Refleksi Peserta didik |
Perasaan dalam belajar |
Apa yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini? |
Makna |
Apakah aktivitas pembelajaran hari ini bermakna dalam kehidupan saya? |
Penguasaan materi |
Saya dapat menguasai materi pelajaran pada hari ini a. Baik b. Cukup c. kurang |
Keaktifan |
Apakah saya terlibat aktif dalam pembelajaran hari ini? Apakah saya menyumbangkan ide dalam proses pembuatan infografis? |
Gotong Royong |
Apakah saya dapat bekerjasama dengan teman 1 kelompok? |
-
Lembar kerja peserta didik
Lembar Kerja Peserta Didik Materi Ajar : “logika Proposisi “ Mata Pelajaran : Informatika Jenjang/Kelas : SMK/X Nama Kelompok : 1. ……………………………
Pada akhir fase E, siswa mampu memahami strategi algoritmik standar sebagai penerapan berpikir komputasional pada berbagai bidang untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume besar
Laptop/Hp, aplikasi presentasi, aplikasi pengolah kata , jaringan internet
Q – bilangan tersebut habis dibagi 10 Jika digit terakhir suatu bilangan adalah 0, maka bilangan tersebut habis dibagi 10.digit terakhir suatu bilangan adalah 0 Kesimpulannya adalah …..
Q = saya akan melihat foto mu Jika saya kangen, maka saya akan melihat foto mu, Saya tidak melihat fotomu Kesimpulannya …..
|
-
Asesmen
-
Teknik dan bentuk penilaian
No |
Aspek |
Teknik Penilaian |
Bentuk Penilaian |
1 |
Sikap |
Observasi |
Lembar Pengamatan |
2 |
Pengetahuan |
Penugasan |
Penugasan |
3 |
Keterampilan |
Praktik |
Lembar penilaian kerja/praktik |
-
Kriteria penilaian
-
Penilaian sikap
No |
Aspek |
Skor |
Keterangan |
1 |
Berpikir Kritis |
1 |
Peserta didik tidak dapat bernalar kritis dalam mengemukakan pendapat/gagasan |
2 |
Peserta didik dapat sedikit bernalar kritis dalam mengemukakan pendapat/gagasan ( 50% tepat) |
||
3 |
Peserta didik dapat bernalar kritis dalam mengemukakan pendapat/gagasan ( 75% tepat) |
||
4 |
Peserta didik dapat bernalar kritis dalam mengemukakan pendapat/gagasan dengan tepat |
||
2 |
Kreatif |
1 |
Peserta didik tidak ada kreatifitas dalam pembuatan infografis |
2 |
Peserta didik sedikit memiliki kreatifitas dalam pembuatan infografis |
||
3 |
Peserta didik cukup memiliki kreatifitas dalam pembuatan infografis dengan kurang kreatif |
||
4 |
Peserta didik sangat kreatif dalam pembuatan infografis dengan kreatif |
||
3 |
Mandiri |
1 |
Peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembuatan infografis |
2 |
Peserta didik ikut berperan aktif dalam pembuatan infografis (aktif dalam 50% kegiatan) |
||
3 |
Peserta didik berperan aktif dalam pembuatan infografis (aktif dalam 75% kegiatan) |
||
4 |
Peserta didik berperan aktif dalam pembuatan infografis |
Petunjuk Penskoran :
-
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
-
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Nilai = Total Skor Skor Maksimal x 4
-
Peserta didik memperoleh nilai :
Nilai |
Score |
Sangat baik |
3.20 – 4,00 (80 – 100) |
Baik |
2.8 – 3.19 (70 – 79) |
Cukup |
2.4 – 2.79 (60 – 69) |
kurang |
Kurang dari 2.4 (60) |
-
Penilaian pengetahuan
-
Penugasan Kelompok
-
Kisi Kisi
No |
Tujuan Pembelajaran |
Indikator soal |
Bentuk soal |
No soal |
1 |
Memberikan contoh kalimat negasi, konjungsi, disjungsi, implikasi dan inferensi. |
|
Uraian |
1 2 3 |
Untuk mendownload Modul SMK silahkan klik link berikut ini: